Friday, April 3, 2009

Panduan Membuat Email di Gmail

Posted by Dipa Sandiwara at Friday, April 03, 2009

Membuat akun email (misalnya di gmail), bagi banyak adalah pekerjaan yang mudah dan sudah sering dilakukan. Namun, bagi sebagian lagi hal itu adalah hal baru yang relatif tidak mudah. Karena itu, tetap saja saya ingin mengawali post di blog ini dengan sebuah petunjuk sederhana tentang membuat akun email di gmail.com. Saya lakukan ini dengan pertimbangan bahwa:

Pertama, membuat akun email penting karena merupakan pelajaran dasar dalam belajar internet. Hampir semua pendaftaran online yang akan anda lakukan di internet, mensyaratkan anda memiliki akun email. Seringkali, untuk memberikan konfirmasi pendaftaran. Jadi sebuah email, seperti rumah dan alamat anda di Internet.

Kedua, Membuat akun gmail secara teliti adalah dasar jika anda ingin membuat blog di blogger.com. Tentu saja, anda akan dapat menggunakan alamat email di penyedia layanan gratis lainnya. Namun ingat, bahwa kebutuhan blogging anda akan sangat banyak berhubungan dengan google (Google Adsense, YouTube, GoogleTalk, dan lain lain). Jadi saya anjurkan untuk menggunakan email google.

Baik, kita langsung saja, dengan langkah-langkah membuat akun email di Gmail.com.

1. Buka / ketikkan Gmail.com di addres browser (Atau anda dapat menggunakan layanan mesin pencari google, ketik: gmail). Anda akan masuk ke halaman awal Gmail.

2. Klik tombol Buat Akun (yang ada di kanan bawah). Anda akan masuk ke halaman form yang harus diisi.

3. Isilah formulir pendaftaran dengan:

a. Nama anda.
Terdapat dua kolom, isikan nama depan dan selanjutnya nama belakang anda.

b. Nama yang anda inginkan sebagai alamat email.
Klik tombol Cek ketersediaan. Jika nama yang anda pilih belum ada yang memakai, akan muncul keterangan bahwa nama tersebut tersedia. Jika nama yang anda pilih sudah digunakan orang, pilih nama alternatif lain yang masih tersedia. Ingat lah alamat ini, yang kan menjadi alamat email anda. Contoh: nama yang anda inginkan @ gmail.com

c. Password.
Ini adalah kata rahasia yang anda inginkan untuk mengakses akun anda. Pilihlah kata yang gampang anda ingat, namun susah ditebak orang lain.

d. Pertanyaan rahasia.
Anda dapat memilihnya dari daftar yang tersedia, atau membuatnya sendiri. Kemudian isikan jawaban dari pertanyaan tersebut. Pertanyaan rahasia ini akan digunakan jika suatu saat anda lupa kata kunci / password. Pertanyaan rahasia ini akan diajukan pada anda, dan jika anda bisa menjawab, maka anda akan diberikan layanan untuk membuat password baru.

e. Email Sekunder.
Kolom ini bisa anda diisi, jika anda punya alamat email yang lain. Jika tidak kosongkan saja.

f. Lokasi.
Kolom ini biasanya akan terisi secara otomatis sesuai lokasi di mana anda berada.

g. Kata Verifikasi
Ketikkan karakter / huruf yang anda lihat. Ini dilakukan untuk memverifikasi bahwa anda benar-benar manusia, bukan robot program.

4. Jika semua sudah terisi, Klik tombol Saya menerima. Buat akun saya. Selanjutnya anda akan menuju halaman baru. Halaman selamat datang ini adalah informasi bahwa akun anda sudah selesai.

5. Klik tombol Tunjukkan akun saya. Selanjutnya akan muncul tampilan akun Gmail anda. Jika anda ingin keluar maka, anda tinggal mengklik tombol sign out yang terdapat di pojok kanan atas.

Selamat, anda sudah memiliki akun gmail. Dan, siap untuk membuat blog di bloger.com.

Artikel Terkait



0 comments:

Post a Comment

 
 

Artikel Pilihan

Widget edited by Sandiwara

Komentar Terbaru

Bertukar Link

 

Blog Belajar Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Emocutez

Login Ke Blogger
Berlangganan BLOG BELAJAR di E-mail,Gratis! Daftar Disini!