Saturday, April 11, 2009

Membuat Blog di Blogspot

Posted by Dipa Sandiwara at Saturday, April 11, 2009

blogger.comMembuat blog di blospot sangat mudah. Ya, jika anda telah memiliki akun gmail, maka selanjutnya yang harus anda lakukan adalah memiliki akun di blogger.com. Yup, sebuah langkah awal untuk memulai memiliki blog. Ini adalah sebuah hal yang gampang dan mudah dilakukan. Satu-satunya modal yang anda perlukan adalah akun gmail anda. Ketika anda membuat blog di blogger.com, maka anda sedang mengawali sebuah investasi.

Tentu saja, blogger.com bukan satu-satunya penyedia layanan blog gratis, namun seperti yang saya gambarkan di potingan tentang membuat email di gmail.com, bah kebutuhan blogging anda akan sangat banyak berhubungan dengan google (Google Adsense, YouTube, GoogleTalk, dan lain lain). Jadi saya anjurkan untuk membuat blog di blogger.com.

Baik, mari kita mulai. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Buka / ketikkan http://blogger.com di addres browser (Atau anda dapat menggunakan layanan mesin pencari google, ketik: blogger.com). Anda akan masuk ke halaman awal blogger.com.

2. Klik tombol CREATE A BLOG. Anda akan masuk ke halaman form yang harus diisi.

3. Isilah formulir pendaftaran dengan:

a. Email address
Isilah dengan alamat email anda (sekali lagi, sebaiknya pake alamat email di gmail.com).
Pada kolom Retype Email Adress, isikan alamat email yang sama dengan yang di atas.

b. Password
Ini adalah kata rahasia yang anda inginkan untuk mengakses akun blogger anda. Pilihlah kata yang gampang anda ingat, namun susah ditebak orang lain. Bisa dengan kata yang sama dengan password gmail anda.
Pada kolom Retype Password, isikan password yang sama dengan yang di atas.

c. Display Name
Isilah dengan nama anda. Ini adalah penulis blog yang akan ditampilkan pada blog anda nantinya.

d. Word Verification
Ketikkan karakter / huruf yang anda lihat. Ini dilakukan untuk memverifikasi bahwa anda benar-benar manusia, bukan robot program.

e. Centang kotak “I Agree the Term Service”.

4. Klik tombol Continue. Anda akan masuk ke halaman form ke dua yang harus diisi.

5. Isilah formulir pendaftaran kedua ini dengan:

a. Blog Title
Isilah judul blog yang anda inginkan.

b. Blog Address (URL)
Isilah dengan alamat blog yang anda inginkan. Klik tombol Cek ketersediaan. Jika nama yang anda pilih belum ada yang memakai, akan muncul keterangan bahwa nama tersebut tersedia. Jika nama yang anda pilih sudah digunakan orang, pilih nama alternatif lain yang masih tersedia. Ingat lah alamat ini, yang kan menjadi alamat blog anda. Contoh: http://nama yang anda inginkan.blogspot.com

c. Word Verification
Ketikkan karakter / huruf yang anda lihat. Ini dilakukan untuk memverifikasi bahwa anda benar-benar manusia, bukan robot program.

6. Klik tombol Continue. Anda akan masuk ke halaman template. Anda dapat memilih template yang disediakan oleh Google. Pilihlah sesuai dengan selera anda.

7. Klik tombol Continue. Selanjutnya anda akan menuju halaman baru. Halaman selamat datang ini adalah informasi bahwa blog anda sudah selesai.

8. Klik tombol Star Blogging. Selanjutnya akan muncul halaman. Anda dapat memulai post artikel blog anda. Jika anda ingin keluar maka, anda tinggal mengklik tombol sign out yang terdapat di pojok kanan atas.

Nah, blog anda di blogger.com sudah jadi, Selamat ngeblog...

Artikel Terkait



0 comments:

Post a Comment

 
 

Artikel Pilihan

Widget edited by Sandiwara

Komentar Terbaru

Bertukar Link

 

Blog Belajar Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Emocutez

Login Ke Blogger
Berlangganan BLOG BELAJAR di E-mail,Gratis! Daftar Disini!