Saturday, May 2, 2009

Cara Mengganti Template Default Blogspot

Posted by Dipa Sandiwara at Saturday, May 02, 2009

Sebenarnya, template default yang disediakan blogger.com sudah sangat baik. Tergantung, pada kreatifitas sahabat untuk mengolahnya. Bahkan, sahabat bisa belajar untuk melakukan modifikasi pada kode HTML template blog sahabat untuk menjadikannya sesuai keinginan sahabat. Berbagai hal dapat dilakukan, misalnya menambah kolom sidebar, membagi dua kolom header, membuat kolom footer menjadi tiga kolom dan lain-lain. Banyak tutorial yang mengajarkan hal itu dapat dengan mudah dapat sahabat temukan di internet.
Namun jika tetap merasa template default tidak dapat mewakili semua kebutuhan sahabat, maka sahabat dapat mengganti template. Jika sahabat pun tidak ingin repot mengerjakannya sendiri, sahabat dapat memanfaatkan jasa penyedia template gratis. Mereka, biasanya menyediakan banyak sekali template yang dapat sahabat pilih sesuai selera sahabat. Sahabat bisa mencarinya di search engine. Cukup ketikkan keyword : free blogger template.
Beberapa di antaranya yang saya rekomendasikan adalah:
1. btemplates.com
2. eblogtemplates.com
3. bloggerstyles.com

Silahkan kunjungi situs tersebut. Lalu, carilah template yang sesuai dengan keinginan sahabat. Sebaiknya, sebelum mendowload, sahabat melihat demonya terlebih dulu, untuk memastikan bahwa template tersebut memang sesuai dengan yang sahabat harapkan. Jika sudah yakin, sahabat tinggal mendowload, dengan menekan tombol download yang disediakan. Perhatikan bahwa sebagian file yang disediakan dibuat dalam bentuk extract file. Maka, sahabat harus mengextrak dulu dengan software extraksi sahabat.

Jika sudah, maka langkah selanjutnya adalah memasang template tersebut pada blog sahabat:

1.Silahkan akses akun blogger.com sahabat.

2.Pilih ‘Tata Letak’, kemudian klik ‘Edit HTML’

3.Centang “Expand Widget” dan kemudian klik “Download Template Lengkap”.
Sebaiknya hal Ini sahabat lakukan, untuk mengantisipasi bila ada kesalahan atau eror pada template yang baru. Jika itu terjadi sahabat bisa kembalikan template default sahabat dengan mengunggahnya kembali.

4.Klik tombol “browse”
sahabat akan masuk ke halaman explorer computer sahabat. Silahkan temukan template baru yang tadi sahabat sahabat download.

5. Bila sudah, klik tombol “unggah”.

6. Klik “PRATINJAU” terlebih dahulu, untuk melihat tampilan yang baru.

7. JIka sahabat sudah yakin, maka sahabat tinggal menekan tombol “Save Template”.

Selamat, blog sahabat sudah punya template baru. Silahkan berkreatifitas dan melengkapi template baru sahabat dengan widget yang sahabat suka.


Artikel Terkait



0 comments:

Post a Comment

 
 

Artikel Pilihan

Widget edited by Sandiwara

Komentar Terbaru

Bertukar Link

 

Blog Belajar Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Emocutez

Login Ke Blogger
Berlangganan BLOG BELAJAR di E-mail,Gratis! Daftar Disini!