Saturday, June 6, 2009

Antara Blogspot dan Wordpress

Posted by Dipa Sandiwara at Saturday, June 06, 2009

Ketika pertama kali memutuskan untuk ngeblog, saya agak bingung untuk untuk menentukan penyedia blog gratisan yang akan saya gunakan. Sejauh yang saya tahu, ada dua penyedia blog yang paling banyak digunakan, yaitu Blogspot dan Wordpress. Namun kenapa orang memilih salah satunya? Saya mencoba untuk mengambil kesimpulan berdasarkan amatan saya terhadap berbagai blog yang beralamat di dua free blog itu.

Kesimpulan saya :

1. Template
Blogger (Blogspot) digunakan oleh mereka yang berorientasi pada tampilan blog. Artinya, template blogger lebih flexible. Banyak pilihan template yang menarik, yang tersedia di berbagai free template site, yang dapat diambil dan digunakan. Lebih jauh, template tersebut, dapat diubah sesuai keinginan sendiri. Bisa ditambahi berbagai widget, bahkan di tambahi kolom, dan sebagainya. Pendeknya, sepertinya blogger lebih dipilih oleh mereka yang tertarik dengan dunia desain template, bahasa HTML dan Javascript.

WP (Word Press) berorientasi pada bacaan dan tulis menulis. Kebanyakan tampilan template blog di WP terlihat sederhana, dan bersih. Rata-rata, yang digunakan adalah Templat biasa yang disediakan WP. Tambahan widget pada blog-blog WP pun tergolong sederhana, tidak terlalu rumit dan ramai. Namun, kelebihannya, rata-rata blog WP mendapatkan komentar pembaca yang banyak.


2.Adsense
Selain itu, kebanyakan blog blogger menampilkan iklan, terutama adsense Google. Mungkin, prosedurnya jauh lebih mudah. Pertama karena blogger adalah situs turunan google sendiri, dan pendaftarannya menggunakan acount gmail, yang jelas-jelas adalah acount email yang disediakan google. Selain itu, juga terdapat banyak iklan PPC dan Paid Review yang diiklankan.

Sementara di WP, saya tidak temukan tayangan iklan. Kebanyakan, tulisan-tulisan di WP lebih berat dan terlihat serius. Jarang pula ada blog WP yang menayangkan iklan Google Adsense dan PPC lainnya.

Kesimpulan:
Karena itu saya simpulkan, bahwa blogger digunakan oleh mereka yang tertarik dengan dunia desain template dan bisnis online. Sementara, kebanyakan blog WP (Word Press) digunakan oleh mereka yang berorientasi pada bacaan, tulis menulis dan pembangunan komunitas.

Jadi, ketika sahabat memilih di antara keduanya, saya sarankan untuk menentukan terlebih dahulu orientasi blogging sahabat. JIka sahabat ingin belajar mengutak-atik kode HTML, tampilan blog, support java script dan iklan maka sebaiknya menggunakan Blogspot.
Namun jika sahabat ingin yang lengkap, sehingga bisa lebih konsentrasi pada tulisan, tidak berurusan dengan kode HTML dan tidak ingin memasang iklan, sebaiknya memilih WP.

Selamat Ngeblog.


Artikel Terkait



0 comments:

Post a Comment

 
 

Artikel Pilihan

Widget edited by Sandiwara

Komentar Terbaru

Bertukar Link

 

Blog Belajar Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Emocutez

Login Ke Blogger
Berlangganan BLOG BELAJAR di E-mail,Gratis! Daftar Disini!