Wednesday, June 17, 2009

Sedikit Catatan tentang Search Engine

Posted by Dipa Sandiwara at Wednesday, June 17, 2009

Sebelum lebih jauh bicara tentang tekhnik SEO dan kebutuhan sahabat untuk mensubmit blog ke berbagai search engine, ada baiknya kita mengetahui sedikit tentang search Engine. Sekedar untuk memahami konsep dasarnya. Hal ini, mudah-mudahan memberi arahan tentang apa yang perlu diperhatikan untuk melakukan optimasi terhadap hasil pencarian search engine untuk konten blog sahabat.

Pada dasarnya, Search Engine adalah suatu website yang menyimpan semua informasi yang tersedia internet. Umumnya, mereka hanya mencatat sedikit informasi saja, yaitu alamat situs, judul situs, judul artikel, dan beberapa kata yang dominan di dalam situs tersebut. Berdasarkan inilah, mereka kemudian mengelompokkan data-data tersebut. Cara kerjanya, adalah dengan mencopy paste semua halaman situs, dan kemudian mengolahnya dengan sistem algoritma.

Jika seorang pengunjung internet melakukan akses ke search engine, dan memasukkan beberapa kata yang mereka cari, maka search engine akan menampilkan semua informasi dan data-data yang dianggap relevan dengan kata yang dicari tersebut. Search Engine akan akan mengurutkannya menurut kualitas data, dari perhitungan algoritma mereka tadi. Maka, data yang ditampilkan akan diurutkan dari yang dianggap paling relevan hingga yang kurang relevan.

Karena sistem algoritmanya tersebut, adalah kerja mesin yang matematis dan kaku, maka para webmaster dan blogger berusaha mencari tekhnik untuk membuat situs dan blog mereka muncul di halaman pertama hasil pencarian search engine. Caranya, dengan mengoptimalkan informasi-informasi yang dianggap paling mungkin di crawl oleh sistem search engine. Hal inilah yang kemudian dinamakan sebagai tekhnik SEO (Search Engine Optimization). Namun tentu saja, setiap search engine, juga mengembangkan sistem algoritmanya. Dan karena itu, SEO tidak pernah mati.

Artikel Terkait



0 comments:

Post a Comment

 
 

Artikel Pilihan

Widget edited by Sandiwara

Komentar Terbaru

Bertukar Link

 

Blog Belajar Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Emocutez

Login Ke Blogger
Berlangganan BLOG BELAJAR di E-mail,Gratis! Daftar Disini!